12 STEPS TO BE THE KING OF ALL NEGOTIATIONS

Judul Buku: Negotiation Boot Camp:
Latihan Singkat Bernegosiasi Jitu Disegala Situasi

Penulis: Ed Brodow
ISBN: 9789791275958
259 hal HVS
Ukuran: 13 x 20,5 cm
Terbit: Maret 2008
Harga: Rp. 38.900,00

Buku Ed Brodow ini berisi program panduan 12-minggu untuk mengasah kemampuan bernegosiasi pembaca. Jika dibandingkan dengan buku Shaping the Game karya Michael Watkins, buku ini tidak terkesan terlalu teknis-rasional karena dituturkan dengan gaya bercerita yang kerap dibubuhi pengalaman pribadi sang pengarang. Meski demikian, sepanjang penuturan Brodow bisa dilihat uraian konseptual yang sama dengan Watkins (struktur negosiasi, informasi negosiasi, lokasi negosiasi, pihak dalam negosiasi, kepentingan, nilai, legitimasi, dll), tapi gaya tutur Brodow lebih luwes dan menarik.  

Dalam buku ini, Brodow menyadarkan betapa negosiasi itu suatu hal yang sederhana dan teorinya mungkin sedikit banyak sudah diketahui, tapi orang kerap melupakannya dan merasa kesulitan menjalankannya. Lihat saja tips-tips berikut: jadilah pendengar yang baik, bersabar, mematok harapan ekstrem yang realistis, menggunakan cerita sedih untuk membujuk mitra negosiasi, mencari solusi win-win dalam negosiasi (negosiasi dengan kasih), mencari informasi sebanyak mungkin, dll.  Brodow, misalnya, menyatakan bahwa seni mendengarkan (rumusnya adalah 70% mendengarkan dan 30% berbicara) begitu penting dalam negosiasi, tapi orang kerap tidak melakukannya. Meninggalkan negosiasi (walk away) juga disarankan Brodow ketika negosiasi mengalami kebuntuan, meskipun komoditas transaksi yang diharapkan begitu dibutuhkan sang negosiator.  

Negotiation boot camp termasuk buku yang lengkap dan bisa menjangkau berbagai level, mulai dari pribadi (membeli mobil/rumah/TV, wawancara pekerjaan, dll), dunia organisasi (hubungan manajemen-bawahan), hingga negosiasi berskala lintas-batas internasional (bernegosiasi dengan pihak berkebudayaan lain). Ia memberikan tips bernegosiasi soal gaji, membeli barang consumer goods, KPR, pajak, jasa professional, tagihan kartu kredit, tariff hotel, paket liburan, tiket penerbangan, kesepakatan perceraian, sampai hubungan cinta. Selain itu, diberikan pula tes untuk memahami cirri-ciri negosiasi kita dan pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk memetakan cara kita bernegosiasi.[Satrio Wahono]

dibaca oleh: 1517 pengunjung