Tuhan-tuhan Genetis

Judul : The Genetic Gods (Tuhan-tuhan Genetis). Kuasa Gen Atas Takdir Manusia
Penulis : John C. Avise
Penerbit : Serambi
Cetakan : I, Februari 2007
Tebal : 360 halaman

"MEREKA mendalangi kehidupan kita, memengaruhi tampilan fisik, kesehatan, perilaku bahkan ketakutan dan hasrat kita. Merekalah yang menjadi alasan jasmani kita ada untuk berketurunan. Mereka memberikan kita kehidupan, tapi juga menentukan penuaan dan kematian. "Mereka" bukanlah Tuhan, melainkan gen-gen kita."

Buku ini membahas berbagai temuan genetika evolusioner mutakhir. Dalam kehidupan manusia, gen dan kekuatan mekanistis evolusioner yang membentuknya telah mengambil alih berbagai peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi ilah (deity) supranatural. Dalam buku ini John C. Avis, seorang ahli genetika menjabarkan berbagai penemuan mutakhir dalam genetika berikut aneka tantangan yang dihadirkannya bagi agama, filsafat, dan moralitas hidup manusia.

Penemuan ilmiah terbaru dalam bidang genetika mengungkapkan betapa besar pengaruh gen terhadap kehidupan manusia. Gen-gen kita menentukan takdir bentuk tubuh dan kesehatan kita. Tak hanya itu, kebudayaan, kepribadian dan kecenderungan moral kita pun sedikit banyak dipengaruhi oleh gen. Lantas bagaimana dengan kepercayaan keagamaan yang menempatkan Tuhan sebagai penguasa takdir manusia? Apakah keyakinan kita atas kemahakuasaan Tuhan akan bergeser setelah kini mengetahui kekuasaan atas takdir manusia?

Buku ini tidak dimaksudkan untuk berkutat serius dengan dampak evolusi terhadap ketuhanan dari sudut pandang para filsuf keagamaan atau ahli teologi. Buku ini mencoba memberi pemahaman yang lebih jernih mengenai temuan empiris mutakhir di bidang genetika molekuler manusia dan kemajuan konsep dalam teori genetika evolusioner, serta antara teologi dan biologi evolusioner yang keduanya bertujuan untuk memahami hakikat manusia.
(Pusat Data Redaksi)

dibaca oleh: 1573 pengunjung