Taktis Psikologis Agar Segala Sesuatu Berjalan Sesuai Keinginan Anda

Judul Buku: Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja Untuk Anda
Penulis : David J. Lieberman, Ph.D.
SBN: 979-16-0032-5
400 hal. /HVS
Ukuran: 15 x 23.5 cm
Terbit: September 2006
Harga:SC: Rp. 37.900,00
Sumber: Republika

Bila Anda mendapati diri berada dalan hubungan yang buruk dengan seseorang, maka Anda perlu memasukkan buku ini ke dalam daftar bacaan Anda. Ini karena buku ini dapat membantu Anda mengendalikan situasi yang memprihatinkan itu, meskipun buku ini tak membicarakan masalah yang lebih besar, semisal 'mengapa tersebut menjadi seburuk itu'.

Tujuan utama buku ini memang menawarkan solusi psikologis untuk mengatasi masalah. Itu sebabnya bahasan utamanya mengenai bagaimana mengendalikan diri dalam segala situasi. Meski begitu buku 'bestseller' versi 'New York Times' tahun 2001 ini bukan berbicara soal 'tipu daya' -- yang hanya berpengaruh sesaat. Melainkan mengulas tentang taktik psikologis khusus yang dapat mengatur perilaku manusia, sehingga memungkinkan siapa saja mengendalikan diri.

Buku yang terbit di New York pertama kali tahun lalu dan telah diterjemahkan ke dalam 11 bahasa ini sebenarnya merupakan aplikasi sebuah teori psikologi yang mencakup lima teknik dan panduan pengendalian diri. Teknik pertama, 'Jadikan siapa saja menyukai atau mencintai Anda'; kedua, 'Agar tidak lagi dibodohi, diakali, dimanipulasi, dibohongi, atau dimanfaatkan'; ketiga, 'Kendalikanlah segala situasi; dan jadikan siapa saja melakukan apa saja'; keempat, 'Cara memenangkan segala pertandingan'; dan terakhir, 'Jadikan hidup ini mudah'.

Tak berarti kelima panduan itu disajikan secara verbal semata, melainkan diulas secara lebih dalam. Dalam teknk pertama misalnya, diulas tentang sikap mental positif untuk membangun rasa percaya diri. Begitu pun dalam teknik kedua, penulis membicarakan enam ujian penting untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar merupakan teman sejati bagi Anda, dengan mendeteksi nilai-nilai kepedulian, kesetiaan, kebanggan, kejujuran, penghargaan, dan pengorbanan.

Ditulis oleh doktor psikologi yang kemudian menjadi konsultan termasyur di AS, buku ini mengantarkan kita pada sebuah kesadaran baru yang memungkinkan kita lebih mengenali diri. Dari sinilah kita merasa terbantu untuk membentuk masa depan kita menjadi sesuatu yang kita pilih. Disajikan dengan bahasa yang lugas, buku ini perlu dibaca oleh kalangan pemerintahan perusahaan, dan para profesional.

dibaca oleh: 1981 pengunjung