Misteri Rubayat Omar Kayam

Judul buku: Samarkand
Penulis: Amin Maalouf
Penerjemah: Winarsih Arifin
Penerbit: Serambi (PT Serambi Ilmu Semesta), Jakarta
Tebal buku: 514 halaman
Cetakan: I, Januari 2007

Ada naskah buku karya pujangga Persia, Omar Kayyam, yang hingga kini masih terkubur di dasar Samudera Altantik bersama tenggelamnya kapal Titanic, pada 14 April 1912. Naskah itu diyakini sebagai karya terpenting Omar Kayyam, karena merupakan satu-satunya rubayat karya penyair besar yang juga dikenal sebagai ahli perbintangan tersebut.

Proses penulisan rubayat dan kisah naskah tersebut sampai ke kapal Titanic melewati perjalanan yang panjang. Naskah itu 'dijarah' oleh Benyamin O Lesage dari Persia dan dibawa naik ke kapal Titanic, sehingga akhirnya terkubur di bawah Samudera Atlantik di dalam kotak berlapis emas dan menyimpan banyak misteri. Buku ini mencoba menguak misteri tersebut.

Ditulis dalam gaya fiksi romantik yang menarik, buku ini bukan saja menjadi bacaan yang inspiratif, tapi juga memberikan banyak informasi tentang petualangan sang penyair pada zaman yang penuh darah dan kekacauan, pada abad ke-sebelas Masehi. Dan, pengarang Libanon, Amin Maalouf, berhasil merangkainya dengan berbagai fakta histories serta imajinatif menjadi 'novel romantik' yang memukau. ayh.













dibaca oleh: 1855 pengunjung