Buku Khazanah Pemikiran Islam

Judul Buku: Politik Pemikiran Islam
Penulis: Antony Black

SEJAK awal kelahirannya, Islam sebagai sebuah keyakinan transendental dan unit budaya yang khas serta mandiri telah mengalami berbagai tantangan global. Dalam tataran dunia intelektual, Islam pernah mencatat masa-masa keemasannya. Berbagai disiplin ilmu berhasil dikembangkan para sarjana Islam ketika itu, tak terkecuali dalam bidang politik.

Jika selama ini kita lebih sering disuguhkan dengan berbagai pemikiran politik yang berasal dari Barat, kini sudah saatnya bagi kita (khususnya peminat pemikiran politik) untuk juga menggali kekayaan khazanah pemikiran politik Islam.

Dalam ranah ilmu politik, kajian tentang pemikiran politik bukanlah suatu hal yang baru. Hal tersebut dapat dirunut dari sejarah pemikiran politik yang ada, mulai masa klasik hingga masa modern.

Pada dasarnya, pemikiran politik berusaha untuk menjelaskan konsep kekuasaan yang dijalankan dalam hubungan antara pihak yang berkuasa dan pihak yang dikuasai.

Pemikiran politik Islam yang melandasi praktik politik berbagai kelompok Islam dewasa ini tidak akan mudah ditelusuri dan dipetakan tanpa disertai dengan adanya pengetahuan yang memadai tentang sejarah perjalanan pemikiran politik Islam sejak masa paling awal atau masa Nabi hingga masa modern sekarang.

Kebanyakan buku yang ada selama ini hanya mengulas perkembangan kekuasaan politik dari waktu ke waktu, tanpa menoleh pada pemikiran politik yang mendasarinya. Namun, satu hal yang patut disyukuri bahwa buku yang ditulis oleh Antony Black ini tidak termasuk kategori buku-buku tersebut karena Antony Black tak sekadar memaparkan data dan fakta sejarah yang mewarnai perjalanan kehidupan politik umat Islam, tetapi juga menafsirkan berbagai data dan fakta sejarah tersebut.

Buku ini menyajikan gambaran lengkap dan komprehensif mengenai sejarah pemikiran politik sejak masa awal sampai pada periode fundamentalisme modern dewasa ini, serta juga meliputi tema-tema penting seperti relasi antara agama dan kekuasaan, fenomena filsafat Arab-Romawi, politik Syiah-Sunni, dan pengaruh pemikiran politik Barat terhadap pemikiran politik Islam modern.

Buku ini sangat kaya karena meliputi berbagai kajian, seperti agama, hukum, etika, filsafat, dan tata negara. Semua itu disajikan dengan merujuk pada berbagai sumber, baik karya-karya sistematis, tulisan-tulisan yang tercecer, pidato-pidato resmi, maupun slogan-slogan umum. Di samping itu, untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai pemikiran politik Islam, penulisnya membandingkan peta pemikiran politik Islam dengan pemikiran politik Barat, dan melihat sejarah keduanya dengan cara pandang baru.

Buku ini sangatlah bermanfaat bagi kalangan intelektual, pengamat dan praktisi politik, mahasiswa, serta masyarakat umum, khususnya yang tertarik pada dunia ide dan gagasan.

Shahibah Yuliani, peneliti pada Laboratorium Politik Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

dibaca oleh: 3663 pengunjung