"Perang Suci" Sejarah Konflik Pemeluk Agama

Buku "Perang Suci: dari Perang Salib hingga Perang Teluk" karya Karen Amstrong diluncurkan di Wisma S. Widjojo Jl. Sudirman, Jakarta, Jumat (17/10) malam. Buku yang aslinya berjudul "Holy War: The Crusades and Their Impact on Todays World" ini mengupas sejarah di balik konflik antar (pemeluk) agama.


Menurut Amstrong, sejarah konflik ini dimulai pada masa Paulus Urban II yang ingin merebut kota suci dari kaum Muslim. Kejadian itu mengakibatkan luka, baik di kalangan kaum Kristen maupun Islam. Di antara kaum Muslim, Kristen dan Yahudi yang terlibat konflik, ada perasaan benci dan mempunyai anggapan bahwa kelompok lain adalah sosok jahat yang patut dilaknat dan dimusnahkan.


Kebencian dan dendam ini terus mengendap dan mewujud dalam berbagai konflik hingga sekarang. Amstrong mencoba menelusuri kisah Perang Salib mulai dari akar pemicunya dari aspek sejarah maupun doktrinal. Buku ini merupakan upaya untuk meredakan bara yang mengurung cara pandang umat beragama. Sebab, masih banyak ajaran agama yang merindukan kesejukan dan kasih sayang dan mengundang kembali nalar dan nurani yang dicampakkan di antara reruntuhan perang.


Sumber: TEMPO Interaktif, 18 Oktober 2003

dibaca oleh: 1412 pengunjung