Panduan Praktis Peregangan untuk Orang Sibuk

udul: Stretching in the Office, Peregangan untuk Orang Kantoran 

Penulis: Bob Anderson 

Penerjemah: Ratih Ramelan 

Penerbit: Serambi 

Tebal: 137 halaman 

Cetakan: Pertama, Januari 2010 



Sehat itu mahal. Asuransi kesehatan atau tunjangan dari kantor bukan berarti kita boleh ongkang-ongkang kaki menganiaya raga atas nama kerja keras. Karena tubuh adalah anugerah yang harus dijaga sebaik-baiknya, maka sudah sepatutnya kita menegakkan prinsip ‘Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati’. 

Buku yang disusun Bob Anderson ini mengandung nilai kekinian. Sebenarnya bukan hanya orang kantoran yang menghabiskan hampir sepanjang hari di depan komputer, bahkan ibu rumah tangga dan anak-anak pun ‘terancam’ oleh rasa kerasan yang melenakan itu [terlebih dengan makin mudahnya memperoleh akses Internet di rumah dan naik daunnya Facebook]. Banyak argumen disodorkan sehingga olahraga tidak memperoleh porsi yang memadai, karena waktu dan lebih tepatnya: rasa malas. 

Peregangan, sebagaimana dipaparkan Bob Anderson, tidak memakan banyak waktu. Kita dapat mempraktikkannya selagi menunggu hasil fotokopi, proses download dan upload dokumen, membaca informasi sewaktu browsing, bahkan bertelepon. Gerakan-gerakannya relatif mudah, disertai panduan dalam bentuk gambar. Mulai dari mata, leher, bahu, jari tangan, semua demi peredaran darah yang lancar dan menghindari cedera. Bahkan seekor kucing, dengan gerakan yang anggun serta tampak seperti bermalas-malasan, sesungguhnya merupakan contoh peregangan dalam keseharian. 

Buku berformat menarik dan relatif tidak tebal ini menekankan pentingnya memerhatikan hal-hal yang mungkin terkesan ‘sepele’ guna menjaga kesehatan kita. Untuk Anda yang sedang membaca ulasan ini: Sudahkah Anda berkedip atau mengubah posisi duduk? Jangan pandang remeh rasa pegal! 

Terima kasih Serambi, atas hadiah buku yang berfaedah ini:) 

dibaca oleh: 1035 pengunjung