KEAJAIBAN KEKUATAN PIKIRAN

"Semua hal dalam kehidupan Anda adalah perwujudan iman Anda kepada apa yang tidak terlihat."—Dr. Joseph Murphy

Apakah keajaiban? Apakah ia merupakan sesuatu yang jarang kita alami? Ataukah sebenarnya kita dilingkupi olehnya setiap hari? Dr. Joseph Murphy (1898–1981) mengatakan, keajaiban adalah segala sesuatu yang terjadi di luar kendali diri kita. Dalam bukunya ini, ia menyebut sang pengendali keajaiban yang tidak terlihat itu sebagai "Kecerdasan Tak Terhingga".

Buku ini terbagi ke dalam 15 bab yang mengandung 96 kisah nyata. Sebagian besar cerita itu berasal dari orang-orang yang berkonsultasi dengan Joseph Murphy dalam kurun waktu 50 tahun perjalanan hidupnya menggeluti spiritualitas. Buku ini sendiri terbit pada 1965. Artinya ketika itu Murphy berumur 67, usia yang matang bagi seorang "petualang spiritual" untuk menulis buku. Jadi, tidak berlebihan jika dia mengatakan, "Aku telah melihat banyak keajaiban terjadi pada lelaki dan perempuan dari segala latar belakang kehidupan di seluruh dunia."

Joseph Murphy termasuk ke dalam angkatan awal Gerakan Pemikiran Baru yang muncul pada akhir abad ke-19 di Amerika Serikat. Setelah meraih gelar PhD Psikologi dari University of Southern California, dia berpetualang untuk mempelajari agama-agama besar di dunia. Salah satu bukunya yang paling dikenal berjudul The Power Of Your Subconscious Mind.

Penceramah agama, (maha)siswa, tentara, ibu rumah tangga, pengusaha, atlet, penulis, agen real estate, dan penjahat adalah sebagian orang yang kisahnya bisa dibaca dalam buku ini. Mereka mendatangi (atau dikunjungi oleh) Murphy atau berhubungan melalui surat. Mereka mengeluhkan masalah yang sebagian besar disebabkan oleh racun spiritual yang mereka pupuk baik secara sadar atau tidak.

"Ini mustahil. Saya melihat tidak ada jalan keluar (bukan "saya tidak melihat jalan keluar"). Tidak ada harapan lagi," kata seorang gadis putus asa.

Joseph Murphy sering mendengar keluhan seperti yang dilontarkan gadis itu dengan masalah yang beragam: mulai dari persoalan akademis yang sederhana sampai kesehatan yang divonis tak dapat disembuhkan. Menurutnya, jutaan orang buta secara psikologis dan spiritual karena terus-menerus mengatakan bahwa tidak ada jalan untuk memecahkan masalah mereka. Selain itu, rasa benci, sakit hati, iri, dan takut dapat menyebabkan kebutaan spiritual.

Namun, tidak semua orang yang diceritakan dalam buku ini memiliki masalah. Misalnya, seorang pemuda yang memiliki metode tersendiri untuk mengenali racun spiritual dalam pikirannya. Dia menyebutnya "foto mental". Sang pemuda memaparkan cara melakukannya: Perhatikan dengan saksama segala lintasan pikiran, sensasi, suasana hati, reaksi, dan nada bicara kita. Kemudian, untuk segala, katakanlah, "Semua ini bukan dari Tuhan. Semua ini merusak dan menyesatkan. Aku akan berpaling kepada Tuhan dan berpikir menurut pandangan hikmah, kebenaran, dan keindahan."

Joseph Murphy menekankan pentingnya bagi kita untuk mengenal cara kerja pikiran alam bawah sadar yang menurutnya bisa dipengaruhi oleh pikiran sadar kita.
"Penyembuhan pikiran spiritual adalah kinerja gabungan yang selaras dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar Anda, yang diarahkan secara ilmiah untuk tujuan tertentu." (Hal. 61)

"Pusatkan mental dan emosi pada jawaban yang tepat, dan Anda akan mendapatkan sebuah respons (dari Kecerdasan Tak Terhingga)." (Hal. 95)

Untuk membantu orang-orang yang berkonsultasi padanya, Murphy hampir selalu menyarankan jalan keluar yang sama. Dia memerintahkan orang itu berdoa, mengingat sifat-sifat Tuhan yang ada dalam dirinya, dan membayangkan tujuan apa yang dicapai sampai terasa nyata.

Penulis buku ini menceritakan dia pernah mengunjungi seorang penjahat yang kecanduan alkohol sampai titik kronis. Si penjahat itu meyakini ajalnya sudah dekat dan akan dihukum oleh Tuhan. Dengan cara di atas, Murphy menyembuhkan orang itu dan tidak lama setelah itu, berdasarkan diagnosis medis, ia dinyatakan akan tetap hidup. Dan sepuluh hari kemudian, ia meninggalkan rumah sakit.

Bagi saya pribadi, membaca buku-buku spiritual selalu memberikan kesan berbeda. Karena, setiap penulis buku jenis ini pasti memiliki jalan tersendiri dalam pencariannya mengenal Yang Tak Terhingga. Sebagaimana lahir, batin senantiasa membutuhkan nutrisi yang salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membaca buku seperti ini.

Selamat membaca
Salam keajaiban,
Moh. Sidik Nugraha

Identitas Buku
Judul: KEAJAIBAN KEKUATAN PIKIRAN
Penulis: Dr. Joseph Murphy
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Tebal: 249 HVS
Terbit: November 2009

dibaca oleh: 2822 pengunjung