"Slumdog Millionaire" Borong Penghargaan BAFTA

LONDON, SENIN--Slumdog Millionaire, film tentang seorang anak Mumbai yang tadinya papa kemudian menjadi kaya setelah menang kuis, memborong British Academy Film Awards (BAFTA) di London, Minggu, dengan tujuh penghargaan, termasuk Film Terbaik.



Dalam acara bertabur bintang itu, Kate Winslet juga meraih penghargaan BAFTA untuk kategori Aktris Terbaik berkat aktingnya sebagai mantan petugas keamanan kamp penjara Nazi dalam "The Reader", sedangkan Ator Terbaik jatuh ke tangan Mickey Rourke lewat film "The Wrestler".


Winslet menyisihkan Angelina Jolie, Kristin Scott Thomas dan Meryl Streep untuk penghargaan BAFTA keduanya ini dalam karirnya, setelah pada 1995 melalui "Sense and Sensibility."



"Saya ingin berbagi kegembiraan atas penghargaan ini dengan dua produser film ini. Saya tahu saya tak sendirian ketika saya tak mempercayai mereka tak bersama kami lagi, Anthony Minghella dan Sydney Pollack," kata aktris berusia 33 tahun itu dalam pernyataannya setelah menerima penghargaan, seperti dilaporkan AFP.



Para penonton datang tanpa mengindahkan hawa dingin dan hujan untuk menyambut para bintang di luar Royal Opera House, di Covent Garden, London, berdesakan dengan para fotografer untuk mendapatkan tandatangan dari para bintang, termasuk Brad Pitt dan Sharon Stone.



Heath Ledger, yang ditemukan sudah tak bernyawa lagi di apartemennya di New York, setahun lalu, mendapat penghargaan secara anumerta sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat permainannya yang apik sebagai Joker dan film Batman terakhir, "The Dark Knight."



Aktor berusia 28 tahun itu pada tahum lalu juga dinominasikan meraih Piala Oscar dan penampilannya juga memberikannya penghargaan Golden Globe secara anumerta pula.



Sementara itu, Penelope Cruz meraih penghargaan Aktris Pendukung terbaik karena aktingnya dalam film drama romantik "Vicky Christina Barcelona" garapan Woody Allen.



"Slumdog Millionaire", yang diproduksi dengan kerabat film Inggris namun bintangnya kebanyakan orang India, mendapat 11 nominasi, namun hanya berhasil menyabet tujuh penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik untuk Danny Boile, Skenario Terbaik untuk Simon Beaufoy, Musik Terbaik untuk AR Rahman, Sinematografi Terbaik dan Editing Terbaik.



Film ini juga merupakan film favorit untuk menyabet penghargaan Film Terbaik pada perhelatan Oscar pada 22 Pebruari.



Bintang film itu, Dev Patel yang baru berusia 18 tahun, dinominasikan untuk Aktor Terbaik, namun mengatakan dirinya tak pernah mengharapkan menang dan sudah merasa gembira dapat berada di sana.(ANT)



JY

dibaca oleh: 1373 pengunjung