Peluncuran Buku Kearifan Pelacur

Selasa, 21 Oktober 2008, Serambi dan toko buku Periplus bekerja sama mengadakan  peluncuran buku Kearifan Pelacur yang diselenggarakan di Toko Buku Perilplus, Kemang, Jakarta.

Peluncuran buku kali ini bisa dibilang spesial karena pengarangnya, Elizabeth Pisani, yang berkewarganegaraan Inggris khusus datang jauh-jauh dari negaranya ke Indonesia untuk mempromosikan bukunya. Maka selepas menghadiri Ubud Writers and Readers Festival yang diselenggarakan di Ubud, Bali, dia langsung melucur ke Jakarta untuk mengadakan launching buku dan press release buku yang dalam edisi aslinya diberi judul: The Wisdom of Whores: Bureaucrats, Brothels, and the Business of AIDS.

Acara yang diselenggarakan pada sore hari yang teduh ini cukup meriah. Dihadiri oleh beberapa media massa, rekan-rekan dari lembaga yang bergerak di bidang penanggulangan HIV/IDS, dan tokoh jurnalisme terkenal, Aristides Katoppo, membuat acara semakin semarak.

Acara dibuka dengan penuturan sang penulis mengenai pengalaman yang dia lewati selama menggeluti penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia. Dengan bahasa Indonesia yang nyaris sempurna dia menggambarkan kehidupan dunia HIV/AIDS yang berputar di sekeliling jalanan kumuh Jakarta, kamar remang-remang, rumah bordil, sarang waria, hotel-hotel, pusat konvensi mewah, serta meja-meja birokrasi. Tidak hanya itu, dia juga berkali-kali mengutarakan harapannya agar pemerintah lebih serius lagi dalam menangani masalah penanggulangan HIV/AIDS yang telah memakan korban jutaan orang ini.

Suasana semakin hangat ketika dibuka sesi tanya jawab. Tak kurang dari sepuluh orang berlomba-lomba untuk mengajukan pertanyaan ataupun mengutarakan pengalaman yang mereka punya pada Mbak Eli, sapaan akrab pengarang. Satu persatu pertanyaan dijawabnya yang kadang diselingi dengan candaan yang mengundang tawa para undangan.

Informasi lebih lanjut mengenai Elizabeth Pisani dan upayanya dalam menanggulangi HIV/AIDS di wilayah Asia dapat dilihat di www.termyata.org. [ish]

dibaca oleh: 1019 pengunjung