Debu All Together Music Performance

SIAPA yang tak kenal dengan Debu? Kelompok musik yang mayoritas beranggotakan bule ini selalu mengundang perhatian massa di setiap penampilannya. Jika kita memerhatikan kelompok musik ini sedang bermain, maka tak dapat dipungkiri jika Debu memang berbeda dengan kelompok musik religius lainnya. Lirik-liriknya yang sufistis dan sedikit mistis, lahir dari kalbu yang dimabuk cinta dan kerinduan yang mendalam pada Sang Khalik.

Penampilan Debu kerap memainkan emosi kita sebagai pendengar, terkadang menghentak-hentak memberikan semangat, kadang mendayu-dayu membawa suasana semakin syahdu. Namun semua irama yang disampaikan bertujuan satu, menyairkan tembang asmara dan lambang kemesraan yang mendalam pada Sang Pencipta.

Pada akhir tahun 2007 Serambi mengeluarkan buku karya Syekh Fattaah, pembimbing Kelompok Musik Debu, yang berisikan untaian syair-syair yang digubah dalam 9 bahasa yang diberi judul GUBAHAN PECINTA. Buku yang dilengkapi dengan CD berisi lagu-lagu yang dibawakan Kelompok Musik Debu ini diciptakan sebagai upaya untuk menyuguhkan hidangan kalam yang menyimpan makna untuk diterjemahkan oleh masing-masing nurani bijak setiap pembacanya, sehingga akan menjadi suatu keindahan bila menikmati gubahan sya'ir ini dengan kejernihan hati.

Ternyata, prestasi Kelompok Musik Debu tidak sebatas bernyanyi dan menerbitkan buku saja. Pada akhir tahun 2007 lalu, presiden SBY mengangkat kelompok musik yang kental dengan aliran sufi ini sebagai Duta Lingkungan Hidup yang diserahi misi untuk menanam 1 juta pohon di 33 propinsi. Proyek yang diberi nama All Together ini diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk lebih mencintai bumi yang telah diamanatkan Tuhan kepada manusia agar dapat dimanfaatkan dan dipelihara kelestariannya.

Mau tahu lebih jauh mengenai Kelompok Musik Debu? Jangan lewatkan Debu All Together Music Performance yang akan diselenggarakan pada hari Jumat, 4 Juli 2008 pada pukul 19.00-21.00. Acara yang merupakan hasil kerja sama antara Penerbit Serambi dengan IKAPI Jakarta ini akan diselenggarakan di Panggung Utama Pesta Buku Jakarta 2008, Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jadi … jangan lupa masukkan acara ini ke agenda Anda. Hadiri acaranya dan bersama Debu kita berpartisipasi dalam melestraikan bumi titipanNya ini.

dibaca oleh: 1028 pengunjung