Cardinal Bertone Larang Beli Da Vinci Code

Novel 'Da Vinci Code' yang menggegerkan sudah setahun lebih beredar di seluruh dunia. Namun baru kali ini seorang Cardinal secara resmi melarang pengikutnya membeli novel karya Dan Brown tersebut.

     Pernyataan ini keluar setelah Cardinal Bertone melihat novel yang menyatakan Yesus memiliki anak tersebut beredar di mana-mana. Tentang novel sensasional tersebut, Bertone menyatakan kekhawatirannya. "Jangan baca ini (novel Da Vinci Code) dan seluruh isinya. Jangan juga membeli Da Vinci Code," ujar Kardinal Tarcisio Bertone, mantan wakil kepala urusan doktrin dan keyakinan di Vatikan kepada radio Vatikan dilansir AFP, Rabu (17/3/2005).

     Novel yang akan diangkat ke layar lebar ini memang diminati banyak orang di seluruh dunia. Sejak dirilis tahun 2003 lalu, 25 juta kopi telah dicetak dengan 44 bahasa. Isinya yang mengulas tentang jejak keturunan Yesus dari Maria Magdalena menjadikannya novel sensasional yang diburu banyak orang.

     Dan Brown juga cukup pintar mempromosikan novelnya itu. Dalam website pribadinya, Brown menyatakan novelnya itu sebagian merupakan kisah fiksi. Tapi itu dibantah oleh Bertone. "Anda takkan membuat novel mistis yang mengisahkan tentang orang yang memiliki kemuliaan dan nama besar sepanjang sejarah gereja," debat Bertone pada wawancara tersebut.

     Untuk mencegah penilaian yang salah dalam 'Da Vinci Code', Bertone akan berbicara dalam seminar-seminar Katolik bahwa cerita dalam novel tersebut hanya rekaan dan kebohongan belaka.

dibaca oleh: 1139 pengunjung