About Serambi

Kami Memang Hanya Menerbitkan Buku

Menyadari bahwa kompleksitas dilema dan problema bangsa mesti dihadapi dengan SDM yang memiliki kematangan emosional, intelektual, dan spiritual, Serambi didirikan sebagai salah satu penebar informasi dan ilmu yang mendukung terwujudnya cita-cita tersebut.

Serambi memfokuskan geraknya di bidang penerbitan buku. Karena serambi, maka buku-buku yang diterbitkannya diharapkan menjadi garda depan penyedia kebutuhan intelektual masyarakat dan penggulir wacana demokratis, pluralis, dan terbuka serta gagasan-gagasan yang menekankan kesetaraan, kebebasan, dan trust society lintas agama, ras, kultur, dan gender.

Untuk mewujudkan visi dan misinya itu, Serambi menerbitkan buku-buku yang bertema agama maupun nonagama fiksi maupunnonfiksi. Tema agama meliputi keislaman, spiritualitas, dan teologi. Tema nonagama meliputi filsafat, sains, budaya, ilmu-ilmu sosial, kesehatan, pengembangan diri, keluarga, pengasuhan anak (parenting), keuangan, bisnis, dan keindonesiaan.

Berdasarkan program penerbitannya itu, maka terbitan Serambi dibagi ke dalam lini-lini produk. Lini bisa didasarkan pada tema bahasan, kawasan yang menjadi subjek bahasan, masa penulisan, bentuk tulisan, dll.

Saat ini tersedia delapan lini yang mewadahi terbitan-terbitan Serambi. Lini-lini ini bisa bertambah, berkurang, dimekarkan, ataupun dileburkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan. Berikut adalah nama-nama lini tersebut dan bidang terbitannya:

menerbitkan buku-buku tentang berbagai aspek Islam dan umat Islam karangan pemikir Islam kontemporer, muslim maupun nonmuslim.
menerbitkan buku-buku tentang berbagai aspek Islam dan umat Islam yang dikarang oleh ulama sebelum abad XII Hijriah.
menerbitkan buku-buku tentang spiritual, pengembangan diri/kepribadian, kesehatan, makanan (diet), dll.
menerbitkan buku-buku seputar persoalan keluarga dan parenting.
menerbitkan buku-buku fiksi (novel, cerpen)—drama, pop, misteri, thriller, komedi, spiritual, fiksi sains, fantasi, dll.—dan memoir.
menerbitkan buku-buku populer di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, dan bisnis.
menerbitkan buku-buku tentang keindonesiaan—politik, budaya, sejarah, tokoh, sastra, dll.
menerbitkan buku-buku di bidang filsafat, pop sains, dan ilmu-ilmu sosial.